Thursday, January 2, 2014

Psikoterapi (Tugas)

I.                   Pendahuluan

a.       Latar Belakang
Dewasa ini, semakin banyaknya pengetahuan dan kemajuan yang baru dan lebih praktis di dunia internet. Selain ada tes psikologi online, ada juga psikoterapi: psikologi klinis dalam internet. Psikoterapi adalah proses yang difokuskan untuk membantu menyembuhkan dan konstruktif belajar lebih banyak bagaimana cara untuk menangani masalah atau isu-isu dalam kehidupan.
Umumnya psikoterapi dianjurkan bila seseorang bergulat dengan kehidupan, misalnya ada masalah hubungan atau masalah kerjaan di kantor. Isu-isu itu akan menyebabkan banyak individu yang merasakan rasa sakit atau marah selama beberapa hari bahkan beberapa bulan atau tahun.

b.      Rumusan Masalah
1.      Apa itu psikoterapi?
2.      Apa kelebihan dari psikoterapi dalam internet?
3.      Apa keterbatasan dari psikoterapi dalam internet?

c.       Tujuan
1.      Untuk memahami apa itu psikoterapi.
2.      Untuk memahami apa saja kelebihan dari psikoterapi dalam internet.
3.      Untuk memahami apa saja keterbatasan dari psikoterapi dalam internet.

II.                Analisa dan Pembahasan
Psikoterapi adalah usaha penyembuhan untuk masalah yang berkaitan dengan pikiran, perasaan dan perilaku. Psikoterapi (Psychotherapy) berasal dari dua kata, yaitu "Psyche" yang artinya jiwa, pikiran atau mental dan "Therapy" yang artinya penyembuhan, pengobatan atau perawatan. Oleh karena itu, psikoterapi disebut juga dengan istilah terapi kejiwaan, terapi mental, atau terapi pikiran.
Orang yang melakukan psikoterapi disebut Psikoterapis (Psychotherapist). Seorang psikoterapis bisa dari kalangan dokter, psikolog atau orang dari latar belakang apa saja yang mendalami ilmu psikologi dan mampu melakukan psikoterapi.
Psikoterapi merupakan proses interaksi formal antara dua pihak atau lebih, yaitu antara klien dengan psikoterapis yang bertujuan memperbaiki keadaan yang dikeluhkan klien. Seorang psikoterapis dengan pengetahuan dan ketrampilan psikologisnya akan membantu klien mengatasi keluhan secara profesional dan legal.
Psikoterapi ini bermanfaat untuk orang-orang yang malu untuk berkonsultasi secara langsung dan juga bagi orang-orang yang sulit untuk dijangkau oleh terapis
Kelebihan psikoterapis online di antaranya adalah:
1. Menghemat waktu.
2. Lebih hemat.
3. Cocok untuk orang yang memiliki kepribadian tertutup.

Kekurangan psikoterapis online di antaranya adalah:
1.      Sang terapis kurang tahu lebih dalam tentang kondisi pasien.
2.      Terapis tidak tahu bahasa tubuh pasien, karena selain mendengarkan konsultasi dari pasien, terapis juga harus melihat bahasa tubuh pasien.

III.             Kesimpulan
Kesimpulannya, lebih baik melakukan psikoterapi secara langsung dengan orang yang ahli daripada melakukan online, karena jika melakukan secara online, khawatir akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka itu, lebih baik agar melakukannya dengan orang yang ahli untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

IV.             Referensi
                   http://belajarpsikologi.com/sebuah-pengantar-psikoterapi/

No comments:

Post a Comment