Thursday, January 2, 2014

Dampak Sosial dari Interaksi Manusia dan Internet (Tugas)

I.                   Pendahuluan

a.       Latar Belakang
Perkembangan internet telah banyak mempengaruhi cara hidup manusia. Bukan hanya internet yang mempengaruhi bagaimana cara manusia bekerja, tetapi juga mempengaruhi bagaimana manusia berinteraksi antara satu sama lain.

b.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana dampak sosial dari interaksi manusia dan internet?

c.       Tujuan
1.      Untuk memahami dampak sosial dari interaksi manusia dan internet.

II.                Analisa dan Pembahasan
Perkembangan internet telah banyak mempengaruhi cara hidup manusia. Bukan hanya internet yang mempengaruhi bagaimana cara manusia bekerja, tetapi juga mempengaruhi bagaimana manusia berinteraksi antara satu sama lain.
Interaksi di dunia maya mungkin akan mempertajam kemampuan sosial masyarakat. Demikian hasil penelitian para psikolog dan antropolog AS terhadap kebiasaan para pengguna internet. Saat tempat-tempat hiburan mulai tidak nyaman dan aman, pergaulan di dunia maya mungkin menjadi pilihan bersosialisasi. Para peneliti lainnya menduga hal tersebut sebagai alasan utama masyarakat mulai melirik komunikasi dengan teman-temannya melalui internet.
Kebanyakan masyarakat menggunakan internet untuk berhubungan dengan kawan-kawan sekolah, kantor, dan sekitarnya daripada orang asing. Para peneliti menekankan pentingnya mempromosikan komunitas maya bagi masyarakat terutama anak-anak dan remaja. Menurut mereka, membatasi anak-anak yang mulai memasuki usia remaja di depan komputer hanya akan mempersempit ruang geraknya di komunitas sosial.
Meskipun demikian, orangtua seharusnya terus mengingatkan potensi ancaman dan kejahatan yang mungkin berawal dari sana. Sebab, interaksi di internet tidak selamanya aman. Internet juga dengan mudah dapat menyebarkan maklumat-maklumat tidak baik dan menyebabkan kita terpengaruh dengan unsur-unsur yang tidak baik. Banyak laporan kasus pelecehan seksual yang dialami oleh gadis-gadis setelah berhubungan dengan orang dewasa yang sebelumnya mengaku sebagai remaja di internet dalam suatu sosial media.
III.             Kesimpulan
Kesimpulannya, dunia maya itu memengaruhi hubungan sosial interaksi manusia, karena bisa mendekatkan yang jauh dan juga bisa menjauhkan yang dekat. Semua ini tergantung dari individunya sendiri dalam menggunakan dunia maya, jika menggunakan dunia maya dengan baik maka pengaruhnya akan baik juga. Sebaliknya, jika menyalahgunakan fungsi dunia maya maka akan berpengaruh buruk juga pada interaksi manusia.

IV.             Referensi
Maarof, Mohd. Aizaini. (2006). Teknologi maklumat siri II. Universtas Teknologi: Malaysia.

Umasih, dkk. (2007). Geografi dan sosiologi(IPS terpadu). Ganeca Exact: Jakarta

No comments:

Post a Comment