Thursday, January 2, 2014

Internet Addiction

A.    Internet Addiction
Keberadaan internet dewasa ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia tanpa mengenal batas usia. Internet bisa dimanfaatkan oleh orangtua atau dewasa, remaja dan tidak terkecuali anak-anak. Sangatlah mudah untuk mendapatkan akses internet, sehingga bukanlah hal yang mengherankan jika sekarang hamper semua orang sangat mengenal internet.
Komputer dan internet telah menjadi tren “mainan” baru bagi anak-anak sekarang. Komputer dan internet telah menjadi “candu” bagi mereka, mereka bisa saja di depan komputer seharia tanpa memperdulikan dunia luar. Mereka bisa lupa akan makan, mandi, olahraga, beribadah, dan bersosialisasi dengan sekitar.
Seorang anak yang mulai kecanduan internet akan melupakan aktivitasnya yang lain. Hal ini bisa berdapak buruk terhadap perkembangan psikologis sang anak. Mereka akan susah bergaul dengan teman-temannya di kehidupan nyata karena terlalu sering di depan komputer, mereka juga bisa melupakan belajar yang menjadi tugas utama mereka. Salah satu contohnya adalah kecanduan game online. Seseorang yang sudah kecanduan game online akan bisa benar-benar hanyut dalam permainan tersebut dan melupakan dunia nyatanya.
Kecanduan internet tak kalah berbahaya dari kecanduan narkoba. Seseorang yang kecanduan internet bisa mengakses internet selama berjam jam atau malah beberapa hari berturut-turut. Dan satu lagi, pecandu internet juga sama dengan pecandu narkoba yang susah untuk dihentikan.

Sumber:

Susilo, Andik. (2010). Teknik cepat memahami keamanan komputer dan internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

No comments:

Post a Comment