Thursday, January 2, 2014

Global Brain dan Peran Internet (Tugas)

I.                   Pendahuluan

a.       Latar Belakang
Internet juga berperan sebagai mediasi yang memungkinkan terbentuknya berbagai model atau kondisi consciounsness dan dapat pula mendorong terbentuknya collective consciounsness.

b.      Rumusan Masalah
1.      Apa itu global brain?
2.      Apa itu Consciounsness dan Unconsciounsness?

c.       Tujuan
1.      Untuk memahami apa itu global brain.
2.      Untuk memahami apa itu Consciounsness dan Unconsciounsness.

II.                Analisa dan Pembahasan
A.    Global Brain
Global Brain adalah konseptualisasi dari jaringan di seluruh dunia yang dibentuk oleh semua orang di dunia bersama-sama dengan teknologi informasi dan komunikasi yang menghubungkan mereka menjadi cerdas dalam mengatur dirinya sendiri. Internet menjadi lebih cepat, lebih cerdas, dan lebih menyeluruh, semakin mengikat kita bersama-sama ke dalam sistem pengolahan informasi tunggal yang berfungsi seperti sistem saraf di bumi. Kecerdasan jaringan ini bersifat kolektif atau didistribusikan, tidak terpusat atau local dalam setiap individu tertentu, organisasi atau sistem komputer.
B.     Consciounsness dan Unconsciounsness
Consciounsness
Sadar atau kesadaran kolektif adalah seperangkat keyakinan bersama, gagasan dan sikap moral yang beroperasi sebagai kekuatan pemersatuan dalam masyarakat. Istilah ini diperkenalkan oleh sosiologi Perancis Emile Durkheim di Divisinya Buruh di Masyarakat pada tahun 1893.
Conscience dalam bahasa Perancis bisa diartikan sebagai “ hati nurani “ dan diterjemahkan dalam bahasa Inggris sebagai “ sadar “ atau persepsi atau kesadaran, dan komentator dan penerjemah dari Durkheim tidak setuju. Adapun “ kolektif “, Durkheim membuat jelas bahwa ia tidak reifying atau hypostaizing konsep ini, baginya itu adalah “ kolektif “ hanya dalam artian itu adalah umum untuk banyak individu.
Collective Unconsciousness
Ketidaksadaran kolektif istilah psikologi analitis, diciptakan oleh Carl Jung.  Hal ini diusulkan untuk menjadi bagian dari pikirin bawah sadar, dinyatakan dalam kemanusian dan semua bentuk kehidupan dengan sistem saraf, dan mmenjelaskan bagaimana struktur jiwa mandiri mengatur pengalaman. Jung dibedakan ketidaksadaran kolektif dari ketidak sadaran pribadi, dalam ketidaksadaran pribadi adalah reservoir pribadi pengalaman unik untuk setiap individu, sedangkan terkumpul ketidaksadaran kolektif dalam cara yang sama dengan masing-masing anggota dari suatu spesis tertentu.
III.             Kesimpulan
Kesimpulannya dengan adanya internet akan terbentuk kesadaran individu dan ketidaksadaran individu

IV.             Referensi
                http://en.wikipedia.org/wiki/Collective_unconscious

No comments:

Post a Comment