Thursday, January 2, 2014

Layanan Aplikasi di Internet (Tugas)

I.                   Pendahuluan

a.       Latar Belakang
Internet memiliki banyak layanan aplikasi, layanan aplikasi ini digunakan untuk berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, hiburan, media massa, industry, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, akan lebih baik apabila kita mengenal apa saja layanan aplikasi di internet.

b.      Rumusan Masalah
1.      Apa itu World Wide Web (WWW)?
2.      Apa itu Electronic Mail (E-Mail)?
3.      Apa itu Search Engine?
4.      Apa itu Chatting?
5.      Apa itu Netiquette?

c.       Tujuan
1.      Untuk memahami tentang World Wide Web.
2.      Untuk memahami tentang Electronic Mail.
3.      Untuk memahami tentang Search Engine.
4.      Untuk memahami tentang Chatting.
5.      Untuk memahami tentang Netiquette.


II.                Analisa dan Pembahasan

A.    World Wide Web (WWW)
Layanan WWW atau Web merupakan jenis fasilitas layanan yang paling menarik bagi pengguna internet. Pada awalnya Web hanya sekedar menampilkan informasi yang dapat dibaca oleh pengguna internet. Akan tetapi, saat ini Web juga digunakan oleh perusahaan sebagai sarana promosi diseluruh dunia.
Setiap dokumen dalam Web dibuat dengan format bahasa standar yang disebut sebagai HTML (HyperText Markup Language) dan diakses melalui program browser. HTML memungkinkan tek, gambar, atau objek tertentu memiliki link yang dapat membawa kita kepada file-file lain, antara lain halaman Web lain, gambar, filr bunyi, video, dan dokumen-dokumen lain.

B.     Electronic Mail (E-Mail)
E-mail adalah kependekan electronic mail yang berarti surat elektronik. Fasilitas e-mail digunakan untuk mengirim dan menerima pesan surat elektronik (electronic mail messages). Bagi pengguna Internet, e-mail sering digunakan sebagai pengganti surat konvensional yang biasa dikirim lewat pos. dengan fasilitas ini, kita dapat mengirimkan surat dalam hitungan detik untuk sampai ke penerimanya. Untuk memanfaatkannya kita (baik sebagai pengirim atau penerima) harus memiliki alamat e-mail. Formatnya adalah username@hostname, misalnya salsabila.setiawan20@gmail.com.
C.     Search Engine
Search engine adalah sebuah aplikasi web yang didesain untuk mencari informasi di WWW. Kita dapat mencari bermacam informasi melalui search engine, seperti halaman web, gambar, milis, dan file lainnya.
Tidak seperti direktori web yang pengaturannya dijalankan secara manual oleh manusia, search engine berjalan otomatis dengan algoritma tertentu dan hasil pencariannya bergantung pada input yang diberikan. Ada banyak search engine di dunia, yang paling terkenal adalah Google da Yahoo!
D.    Chatting
Chatting adalah layanan lain dari internet yang cukup banyak digemari. Dengan fasilitas ini kita dapat mengirim pesan, bercakap, atau ngobrol dengan teman/rekan kita di seluruh dunia secara realtime atau langsung. Fasilitas ini juga sering disebut dengan instant messaging.
Instant messaging adalah sebuah layanan yang memunculkan semacam window alert ketika pengguna sedang dalam keadaan online. Dengan instant messaging, seorang pengguna dapat membuat daftar orang yang ingin diajak dalam komunikasi ketika orang tersebut online – dapat dengan langsung berkomunikasi satu sama lain.
Untuk mengirim dan menerima pesan tersebut, kita memerlukan koneksi internet dan software instant messaging. Program instant messaging akan membuat kita dapat menabahkan daftar pengguna. Ketika online maka kita dapat memulai percakapan dengan tukar-menukar pesan, gambar, video, file, dan sebagainya.
E.     Netiquette
Internet yang kita kenal dengan dunia maya, merupakan medium untuk berkomunikasi layakya seperti dunia nyata. Sehingga kemungkinan timbulnya miskomunikasi yang mengakibatkan hubungan tidak baik antar sesame pengguna internet itu sendiri sangat banyak.
Netiquette atau netiket adalah singkatan dari netter etiket, yaitu semacam aturan dan etika dalam berkomunikasi sesame pengguna internet, baik itu dalam komunikasi melalui email, mailing list, chatting, dan media komunikasi lainnya yang disepakati sebagai aturan dan etika yang umum.
Beberapa etika yang umum dalam komunikasi di internet adalah:
1.      Jangan menggunakan huruf besar.
kala
2.      Jika mengutip pesan sebelumnya, kutiplah seperlunya,
3.      Perlakuan email sebagai pesan pribadi
4.      Hati-hati dalam mem-forward email ke orang lain.
5.      Biasakan menggunakan format plain text, dan jangan sembarangan menggunakan format HTML.
6.      Jangan kirim file (berukuran besar) melalui attachment tanpa izin terlebih dahulu dari penerima email.
Internet (Interconnected networks) adalah kumpulan jaringan-jaringan computer (networks) sedunia yang saling berhubungan satu sama lain. Agar bisa berhubungan, Internet menggunakan bahasa yang sama yang disebut TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP memberikan sebuah alamat (address) dan idetitas (id) yg unik (tidak boleh sama) pada setiap computer di seluruh dunia untuk menghindari adanya kesalahan pengiriman data. Contoh dari alamat TCP/IP adalah 167.205.9.35.
Sebagai sebuah jaringan computer dunia, internet dapat dikatakan sebagai jalur transportasi segala informasi yang berbentuk file atau data pada computer lain. Dengan demikian, Internet sendiri tidak mengandung informasi. Sering ada salah sebut dengan mengatakan bahwa “informasi dapat ditemukan di Internet”. Lebih tepat dikatakan, bahwa informasi dapat ditemukan melalui atau menggunakan Internet. Informasi sendiri berda pada computer-komputer yang terhubung ke Internet karena komputerlah yang menyimpan informasi, bukannya Internet.
Pelu dicatat dan diingat, bahwa Internet tidak sama dengan apa yang disebut WWW (World Wide Web) atau disingkat Web. Web merupakan sebuah sistem informasi (teks, gambar, suara, dan lain-lain) yang disimpan dalam computer-komputer. Informasi tersebut berbentuk hypertext dan diakses oleh pengguna Internet di seluruh dunia menggunakan program aplikasi jelajah (browser), seperti Internet Explorer. Dengan kata lain, ketika sedang melakukan browsing atau penjelajahan Internet kamu langsung berhadapan dengan Web yang menampilkan aneka macam informasi.
III.             Kesimpulan
Kesimpulan dari semuanya, World Wide Web, Electronic Mail, Search Engine, dan Netiquette merupakan layanan aplikasi di Internet.

IV.             Referensi
Maryono, Y., Patmi Istiana, B. (2008). Teknologi informasi dan komunikasi. Jakarta: Quadra.
Utomo, Eko Priyo. (2007). Panduan internet untuk pemula. Yogyakarta: Mediakom.
Yuhefizar. (2008). 10 jam menguasai internet teknologi dan aplikasinya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

No comments:

Post a Comment