Saturday, April 6, 2013

Ilmu Alamiah Dasar


A.   Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
Ilmu Alamiah Dasar merupakan kumpulan pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi dalam manusia. Ilmu alamiah atau biasa disebut dengan ilmu pengetahuan (natural science) merupakan pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala dalam alam semesta termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu Alamiah dasar hanya mengkaji konsep-konsep dan prinsip-prinsip dasar yang esensial saja. Bagian-bagian dari Ilmu Alamiah Dasar meliputi penciptaan manusia yang telah diberikan akal untuk berfikir, lahirnya ilmu alamiah, keterbatasan ilmu alamiah, pembagian ilmu pengetahuan dsb.
IAD merumuskan pemikiran yang selalu dilandasi oleh realisme, karena ilmu sains ini mempelajari tentang metode alamiah dan gejala alamiah sehingga tidak dapat terlepas dari objek yang mengaitkan panca indera. Jadi pengertian ilmu alamiah adalah pengetahuan dasar yang mempelajari alam semesta, dan dapat dikatakan sebagai konsep awal terbentuknya ilmu pengetahuan alam yang dapat dipelajarinya dengan cara metode-metode atau prinsip-prinsip yang tidak dapat lepas dari kenyataan (realitas)

B.   Mengapa harus mempelajari Ilmu Alamiah Dasar?

Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang mengapa kita harus mempelajari Ilmu Alamiah Dasar. Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya tentang pengertian Ilmu Alamiah Dasar, sudah jelas bahwa Ilmu Alamiah Dasar itu adalah pengetahuan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi manusia. Semua makhluk hidup tinggal di bumi, bumi adalah tempat kita berpijak, di dalam bumi terdapat makhluk hidup yang terdiri dari manusia, tumbuhan, dan hewan lalu ada gunung, laut, dan banyak lagi.
Apabila manusia mempelajari Ilmu Alamiah Dasar tentu saja akan sangat bermanfaat, karena kita akan merasa lebih dekat dengan alam sekitar kita dan ciptaan Tuhan lainnya, kita akan lebih bersyukur karena lewat Ilmu Alamiah Dasar ini kita mempelajari gejala-gejala alam semesta seperti longsor, tsunami, gunung meletus, dan lain-lain. Dan karena itu pula, kita akan merasa lebih mengenal atau akrab dengan lingkungan sekitar.
Selain itu juga dengan kita mempelajari Ilmu Alamiah Dasar akan menambah wawasan kita tentang konsep alam dan peka terhadap masalah-masalah alam yang ada di sekeliling kita, dan juga agar memahami perkembangan penalaran manusia terhadap gejala-gejala alam hingga terwujudnya metode ilmiah yang merupakan ciri khusus dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

            Sumber:

No comments:

Post a Comment

Post a Comment