Thursday, January 3, 2013

Pandangan Hidup

A.    PENGERTIAN PANDANGAN HIDUP
Setiap manusia mempunyai pandangan hidup. Pandangan hidup itu bersifat kodrati. Karena itu ia menentukan masa depan seseorang. Untuk itu perlu dijelaskan pula apa arti pandangan hidup. Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sehingga hasil pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia menerima hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk, yang disebut pandangan hidup.
Pandangan hidup banyak sekali macamnya danr ragamnya. Akan tetapi pandangan hidup dapat diklarifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
(A)  Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
(B)   Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
(C)   Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.


B.     PANDANGAN HIDUP PRIBADI
Pandangan hidup sebagai pribadi menurut saya, yaitu Al-Quran. Seperti yang sudah dibahas di pengertian pandangan hidup, pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, arahan, atau petunjuk hidup di dunia. Selama manusia hidup di dunia, mereka harus mempunyai pedoman atau pandangan hidup. Pandangan hidup banyak sekali macamnya dan ragamnya, pandangan hidup dapat diklarifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam:
1.      Pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan yang mutlak kebenarannya.
2.      Pandangan hidup yang berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada negara tersebut.
3.      Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Pandangan hidup sangat penting untuk kehidupan manusia. Memberikan arah dan tujuan yang benar dalam menjalani suatu kehidupan. Dalam agama islam, pandangan hidup umat islam adalah Al-Quran. Allah SWT menurunkan Al-Quran ke bumi sebagai pandangan hidup atau npedoman bagi umat manusia. Agar manusia dapat selamat, sejahtera, dan sentosa hidup didalam dunia sampai diakhirat kelak. Al-Quran berisi kumpulan perintah dan larangan untuk kebahagiaan umat manusia, yaitu dengan cara membaca Al-Quran, memahami kandungan isinya, mengaplikasikannya dan melaksanakan semua perintahNya, dan menjauhkan laranganNya
Banyak sekali contoh pedoman atau pandangan-pandangan hidup yang bisa digunakan oleh seseorang. Namun, Allah SWT telah memerintahkan kita untu selalu berpedoman kepada Al-Quran dan Al-Hadits sebagai pandangan hidup kita. Oleh karena itu, kewajiban kita selalu berpegang teguh kepada pedoman atau pandangan hidup kita masing-masing.

C.    PANDANGAN HIDUP SEBAGAI WARGA NEGARA
Manusia di bumi jika tidak mempunyai pandangan hidup, maka tidak akan jelas ke mana mereka harus melangkah pergi atau akan melakukan apa mereka hidup di dunia ini. Yang ada, negara ini akan semakin kacau, tidak terkendali karena semua orang akan berbuat semau-maunya tanpa ada batasan mana yang baik dan yang buruk, yang ada hanya kekejian dan dunia akan kacau berantakan.
Pandangan hidup bagi bangsa Indonesia adalah Pancasila, yang terdiri dari:
1.      Ketuhanan YME
2.      Kemanusiaan yang adil dan beradab
3.      Persatuan Indonesia
4.      Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5.      Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Itu semua sudah terbukti, dari sejarah bangsa Indonesia dulu ketika merdeka, bahwa adanya dasar Negara Indonesia dapat bersatu, menciptakan keadaan Negara yang aman, tenteram, aman, dan damai. Dan dapat memecahkan suatu masalah dengan  berpedoman kepada pancasila. Pancasila juga merupakan alat pemersatu bangsa agar kokoh dan tegak berdiri.
        Sumber:
        Nugroho, Widyo. Ilmu Budaya Dasar. Universitas Gunadarma. Jakarta. 1994

No comments:

Post a Comment