Monday, May 13, 2013

EKOLOGI



A.    Pengertian Ekologi
Secara sederhana ekologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup di dalam rumahnya, atau bisa juga dikatakan bahwa ekologi adalah ilmu mengenai rumah tangga makhluk hidup. Sebagian ilmuan juga menyepakati bahwa pengertian ekologi tak lain adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan antara organisme dengan lingkungannya. Lebih spesifik lagi, pengertian ekologi bagi sebagian orang adalah ilmu yang mencoba untuk memahami dan mempelajari hubungan antara binatang, tumbuhan, manusia, dan juga lingkungannya, bagaimana mereka hidup, di mana mereka hidup, juga mengapa mereka berada di lingkungan tersebut.
Pengertian ekologi ini memang beragam, namun jika dicermati, kita bisa menarik kesimpulan bahwa inti dari ilmu ini adalah abiotik dan biotik. Abiotik, adalah segala sesuatu yang tak hidup sementara. Biotik, merujuk pada organisme-organisme makhluk hidup.
Jadi intinya menurut saya, ekologi adalah ilmu yang mempelajari tentang lingkungan dan makhluk hidup yang ada di dalamnya.

B.    Hubungan Ekologi dengan ilmu lainnya.
Ekologi sebagai ilmu pengetahuan memiliki hubungan dan kesaling tergantungan dengan ilmu lain. diantaranya adalah:
1.      Ekologi dengan ilmu Fisika: berperan dalam faktor fisik, seperti sinar matahari, suhu, dll
2.      Ekologi dengan ilmu Kimia: berperan dalam proses sintesis dan analisis kimiawi dalam tubuh organisma.
3.      Ekologi dengan ilmu Politik: Pengaruh kondisi ekologis yang dapat menjadi bahan pertimbangan pengambilan keputusan-keputusan dalam hal kebijakan ekonomi dan politik.
4.      Ekologi dengan ilmu Bumi Antariksa: berperan pada musim, perubahan siang malam, erosi, sedimentasi, gravitasi, dll.

C.     Dampak dari Ekologi
Dampak dari Ekologi itu adalah kita dapat memahami bahwa lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, dan keadaan yang terdapat dalam suatu ruang tempat organisme itu berada dan dapat saling mempengaruhi. Misalnya kita tinggal dalam suatu lingkungan yang kumuh, banyak sampah, kurang terawat, maka keadaan lingkungan tersebut akan mempengaruhi makhluk hidup yang ada di sekitarnya, orang yang tinggal di tempat kumuh seperti itu pasti akan gampang terserang penyakit, makanan yang dimakan pun tercampur lalat yang berada di sampah sekitar mereka, hingga makanannya menjadi tidak higienis. Sebaliknya, makhluk hidup yang tinggal di sekitar lingkungan yang nyaman,  bersih, terawat, pasti hidupnya akan sehat dan tidak mudah terserang penyakit.
Kita juga akan memngetahui bahwa komponen-komponen yang ada dalam bagian ekosistem dan berada pda suatu tempat akan berinteraksi membentuk suatu kesatuan yang teratur. Misalnya, pada suatu ekosistem akuarium, ekosistem ini terdiri dari ikan, tumbuhan air, plankton yang terapung di air sebagai komponen biotik, sedangkan yang termasuk komponen abiotik adalah air, pasir, batu, mineral, dan oksigen yang terlarut dalam air.

Sumber:


No comments:

Post a Comment