Sunday, May 26, 2013

Peran IPTEK dengan Sosial Budaya

A.    Pengertian IPTEK
Iptek adalah suatu yang sangat berkaitan dengan teknologi, definisi lebih lengkap tentang teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga menggunakan teknologi.

B.    Pengertian Sosial Budaya
Segala hal yang dicipta oleh manusia dengan pemikiran dan budi nuraninya untuk dan/atau dalam kehidupan bermasyarakat. Atau lebih singkatnya manusia membuat sesuatu berdasar budi dan pikirannya yang diperuntukkan dalam kehidupan bermasyarakat.

C.      Peranan IPTEK dengan Sosial Budaya
Dewasa ini IPTEK sudah banyak dikuasai, hampir semua warga Indonesia mengerti tentang IPTEK dan tidak GAPTEK alias Gagap Teknologi. Iptek juga tentu ada sisi negatif dan positifnya.  Saya akan membahas salah satu peranan IPTEK dengan bidang Sosial Budaya. Saya akan membahas tentang melamar pekerjaan. Dulu jika kita ingin melamar pekerjaan pasti mencari di koran atau majalah, lalu kita datang sendiri ke kantornya untuk interview secara langsung atau face to face. Dan apabila kita diterima di kantor tersebut, kita akan dipanggil untuk wawancara berikutnya atau langsung bekerja. Tetapi beda dengan zaman sekarang yang sudah serba moderen.
Sekarang, apabila kita ingin mencari pekerjaan tinggal membuka internet dan membuka web tentang pekerjaan, maka keluarlah data kantor yang ada lowongan pekerjaannya. Setelah kita menemukan tempat yang cocok untuk bekerja, kita hanya tinggal melamar dengan cara mengirim email, tidak seperti zaman dulu, kita harus langsung datang ke kantornya. Dan hasilnya pun langsung dibalas oleh admin kantornya melalui email. Begitu mudah pada zaman sekarang ini untuk mencari info tentang pekerjaan, tidak usah mengeluarkan biaya untuk ke kantornya, hanya  bermodalkan internet kita bisa mencari pekerjaan.
Zaman sekarang juga ada interview dengan cara interview lewat skype, jadi kita hanya tinggal mempunyai akun skype, dan bisa melaksanakan interview, sangat praktis. Itulah dampak positif dari peran IPTEK dan Sosial Budaya.

Peran negatif dari peran IPTEK dengan Sosial Budaya adalah kita ambil contoh penjualan barang di online. Ketika kita memesan sesuatu di online shop tentu kita tidak tahu asal usul tentang online shop tersebut secara jelas, tentu saja kita menggunakan internet untuk mengaksesnya. Ketika kita memesan baju atau barang di online shop, kita melakukan transaksi lewat internet, tetapi ada juga online shop yang sebenarnya tidak benar-benar menjual barang, jadi hanya menipu. Itu nyata terjadi di zaman sekarang, itu juga peranan IPTEK dan Sosial Budaya, tetapi dalam sisi negatif.

No comments:

Post a Comment