Saturday, November 1, 2014

Psikologi Manajemen Tulisan 2



Kasus Kepuasan Kerja
Kepuasan kerja merupakan sikap seseorang yang mencerminkan moral kerja, kedisiplinan, dan prestasi kerja lalu merasa positif dari segi pekerjaan, tempat kerja maupun rekan kerja dan juga tidak memperhitungkan ganjaran yang senilai sesuai dengan yang dikerjakan.
Saya akan mengambil 1 contoh dari kepuasan kerja.
Seorang pria bekerja dalam sebuah perusahaan otomotif di Jakarta, dia bekerja sudah hampir 10 tahun, dia tidak ada keinginan untuk mencari pekerjaan di tempat lain, karena dia sudah merasa nyaman dan puas bekerja dalam perusaahan tersebut, dari mulai dia menjadi karyawan biasa hingga sekarang karena dia dipromosikan oleh atasannya, jabatannya sudah naik 2 kali. Dia merasa nyaman dan puas bekerja di perusahaan tersebut karena menurut dia pekerjaan yang dia kerjakan sangat menantang, dan kebetulan dia menyukai tantangan dalam pekerjaannya, kemudian menurutnya perusahaannya tersebut memberikan ganjaran yang pantas, kondisi kerja dan rekan kerja di perusahaan tersebut juga mendukung, lalu memang pekerjaannya tersebut sesuai dengan kepribadiannnya, dia menyukai bidang otomotif, suka mengotak-ngatik, persis dengan pekerjaannya sekarang. Selain itu juga dia mendapatkan gaji atau umpan balik yang memuaskan, pekerjaannya dapat mengembangkan dirinya, dan juga dia mendapatkan pengakuan dan motivasi dalam pekerjaannya. Hal-hal itulah yang membuat dia nyaman, puas, dan tidak ingin berpindah ke pekerjaan lain.

Tanggapan saya:
Seperti yang sudah dibahas di ats, hal-hal yang membuat pria tersebut merasa puas dalam pekerjaannya adalah:
  • Pekerjaannya menantang
Tentunya dia akan senang mengerjakan pekerjaan yang menantang, apalagi dia juga tipe orang yang menyukai tantangan, ketika tantangan dalam pekerjaannya berhasil dia lewati, maka dia akan merasakan kepuasan dalam pekerjaannya.
  • Perusahaan memberikan ganjaran yang pantas
Dalam kasusnya, dia dipromosikan oleh atasannya, awalnya dia hanya menjadi karyawan biasa, karena progres dalam pekerjaannya baik, maka dia dipromosikan oleh atasannya, maka dari itu dia merasa puas dalam pekerjaannya, dia telah mendapatkan ganjaran yang pantas.
  • Kondisi kerja dan rekan kerja yang mendukung
Ini juga menjadi point penting dalam kepuasan kerja, kondisi pekerjaan yang nyaman, dan faktor lingkungan lainnya tentu akan membuat dia betah dan tidak merasakan bosan dalam bekerja, karena dia didukung oleh kondisi pekerjaannya. Kemudian rekan kerja yang mendukung juga sangat penting, jika kita memiliki rekan kerja yang mendukung maka kita akan merasa nyaman pula dalam bekerja, karena jika kita hanya mendapatkan kondisi kerja yang baik tanpa rekan kerja yang mendukung maka akan tidak seimbang, rekan kerja yang baik dapat saling mendukung satu sama lain. Jadi ketika ada konflik, dapat sharing kepada sesama rekan kerja tanpa merasa sungkan atau malu.
  • Kesesuaian kepribadian dengan pekerjaannya
Jika kita memiliki kepribadian yang sesuai dengan pekerjaan yang digeluti maka kita akan menikmatinya, seperti contoh kasus pria tadi, dia merupakan pria yang menyukai bidang otomotif, dan mengotak-atik, tentunya dia tidak akan menjadikan pekerjaannya sebuah beban, mengapa seperti itu? Karena kepribadiannya sesuai dengan pekerjaannya. Mungkin orang lain yang bekerja dalam pekerjaan yang tidak sesuai dengan kepribadiannya ketika mendapat tugas yang banyak akan merasa terbebani dan gampang stress tapi berbeda dengan orang yang kepribadiannya sesuai dengan pekerjaannya seperti pria tadi, maka sebanyak apapun tugas yang didapatkan, dia tidak akan merasa bosan dan tidak akan merasa terbebani karena memang dia menyukai bidang tersebut.
  • Gaji yang memuaskan
Gaji yang memuaskan akan membuat pekerja merasa puas pula, jika karyawan senang dengan gajinya, maka dia akan meningkatkan produktivitasnya, tapi sebaliknya jika karyawan mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengannya maka produktivitasnya akan menurun.
  • Pekerjaan yang dapat mengembangkan dirinya
Tentunya pekerjaan yang dapat mengembangkan diri juga penting, untuk apa kita bekerja bila tidak membuat diri kita sendiri berkembang? Jika kita bekerja di tempat yang dapat mengembangkan diri kita dalam hal pengetahuan, pengalaman, dll maka kita akan merasa puas pekerjaannya.
  • Pengakuan dan motivasi
Jika karyawan merasa diakui oleh lingkungannya, rekan kerjanya, ataupun atasannya maka akan ada kepuasan tersendiri, dan akan termotuvasi untuk menjadi lebih baik lagi. Sama halnya dengan pria dalam kasus di atas, dia sudah dua kali naik jabatan, dia merasa diakui, dan pasti dia akan terus berusaha untuk menjadi lebih baik lagi.

No comments:

Post a Comment