Wednesday, July 2, 2014

Cinta dan Kasih Sayang



Saya mendatangi sepasang suami istri untuk melakukan wawancara tentang keharmonisan dan pernikahan mereka. Sepasang suami dan istri yang saya wawancarai sudah menjalani pernikahan selama 20 tahun, suaminya bekerja di PT KAI dan istrinya bekerja sebagai guru di salah satu SMA Negeri di Bandung, mereka memiliki 3 anak, anak pertama masih kuliah, kedua masih SMA dan yang terakhir masih SD. Pada saat itu saya menanyakan dua pertanyaan kepada mereka. Pertanyaannya adalah:
1.      Jika ada konflik, bagaimana cara menyikapi dan menyelesaikan konflik tersebut?
2.      Apa tips-tips agar hubungan pernikahannya tetap harmonis?
Jawabannya:
1.      Jika ada konflik, kami menyikapinya dengan kepala dingin, tidak langsung emosi, karena emosi tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan memperburuk suasana. Jika masih sama-sama emosi, ada baiknya untuk saling berdiam diri dulu, jangan komunikasi dulu agar bisa introspeksi, lalu setelah masing masing dari kami sudah tidak emosi, barulah membicarakan permasalahannya, dan mencari jalan keluar yang terbaik.
2.      Tips-tips agar hubungan pernikahan tetap langgeng atau harmonis adalah tetap saling percaya satu sama lain, dan menjaga komunikasi dengan baik, dan yang terakhir serahkan kepada Allah, berdoa kepada Allah agar menjadi keluarga yang sakinah mawadah dan warahmah.

Kesimpulan dari wawancara yang saya lakukan adalah jangan emosi dalam menghadapi setiap masalah, karena emosi tidak akan membuat masalah selesai, jika sama-sama emosi malah akan memperburuk suasana. Jadi, ketika ada masalah atau konflik sebaiknya dibicarakan ketika sudah sama-sama tidak merasakan emosi. Tips agar pernikahan berlangsung langgeng dan harmonis juga harus saling percaya satu sama lain, karena jika tidak percaya malah akan menimbulkan konflik-konflik yang akan membuat hubungan pernikahan menjadi tidak sehat, maka dari itu harus saling percaya dan tetap saling komunikasi, meskipun hubungan pernikahan sudah lama tapi komunikasi tetap harus dilakukan, agar tetap menjadi keluarga yang harmonis, satu lagi tidak lupa juga untuk menyerahkan seluruhnya kepada Allah SWT dan berdoa untuk keselamatan keluarga.

No comments:

Post a Comment