1. Definisi CBIS
Menurut
Bohari (2005), CBIS adalah sistem maklumat yang bersifat keorganisasian dan
formal. Sistem formal bermaksud sistem yang bergantung kepada penerimaan data
dan definisi data yang tetap.
Kemudian
menurut Hall (2007), CBIS adalah akses yang tidak sah untuk mendapatkan
keuntungan keuangan atau tujuan lainnya yang bersifat ilegal.
Sedangkan
menurut Laudon dan Laudon (2008), CBIS adalah sistem informasi berbasis
komputer untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan peranti
keras dan lunak komputer.
2. Definisi SIA
Menurut
Umar (2005), SIA adalah aplikasi yang menggunakan komputer hanya bersifat
pengolahan data perusahaan secara sederhana, di mana informasi untuk manajemen
masih merupakan produk sampingan.
Kemudian
menurut Gaol (2008), SIA adalah aplikasi yang terjadi dengan sederhana pada
sebuah perusahaan. Saat tindakan berlangsung dan transaksi terjadi, data
dimasukkan ke dalam basis data.
Lalu
menurut Sarosa, SIA adalah sistem yang mengumpulkan, mencatat, menyimpan,
memproses data sehingga menghasilkan informasi yag berguna dalam membuat
keputusan
3. Definisi SIM
Menurut
Umar (2005), SIM adalah konsep yang menghendaki bahwa aplikasi komputer
mempunyai tujuan utama untuk menyajikan informasi manajemen. SIM merupakan
suatu sumber daya organisasi yang menyediakan informasi pemecahan masalah bagi
sekelompok manajer secara umum yang mewakili suatu unit organisasi seperti
suatu tingkat manajemen atau suatu area fungsional.
Kemudian
menurut Gaol (2008), SIM adalah aplikasi yang bertanggungjawab dalam
menyediakan informasi untuk seluruh manajer perusahaan dalam bentuk laporan
berkala, laporan khusus, dan keluaran bentuk matematika.
Selain
itu, menurut Gaol (2008), SIM adalah sistem yang berbasis komputer dan dapat
digunakan sebagai sistem pendukung krputusan, sistem ahli, atau aplikasi
otomatisasi perkantoran, dan dapat memberikan dukungan untuk pemisahan
keputusan.
4.
Definisi
SPK
Menurut
Gaol (2008), SPK adalah para manajer dapat membuat keluaran (output) untuk masalah khusus yang
berkenaan dengan kualitas.
Kemudian
menurut Nofriansyah (2014), SPK sistem yang dibangun solusi atas suatu masalah
atau untuk suatu peluang.
Lalu
menurut Bonzeck dkk (dalam Nufriansyah, 2014), SPK adalah sistem berbasis
komputer yang terdiri dari tiga komponen yang saling berinteraksi, sistem
bahasa, sistem pengetahuan, dan sistem pemrosesan masalah.
5. Definisi OA
Menurut
Umar (2005), OA adalah aplikasi yang memudahkan komunikasi dan meningkatkan
produktivitas di antara manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan alat-alat
elektronik, seperti modem, fax, word
processing, e-mail, dan desktop
publishing.
6. Definisi SPakar
Menurut
Kusrini (2008), SPakar adalah aplikasi berbasis komputer yang digunakan untuk
menyelesaikan masalah sebagaimana yang dipikiran oleh pakar. Pakar yang
dimaksud di sini adalah orang yang mempunyai keahlian khusus yang dapat
menyelesaikan masalah yang tidak dapat diselesaikan oleh orang awam.
Kemudian
menurut Kusrini (2006), SPakar adalah sistem yang dibuat pada wilayah
pengetahuan tertentu untuk suatu kepakaran tertentu yang mendekati kemampuan
manusia di suatu bidang. Sistem pakar mencoba mencari solusi yang memuaskan
sebagaimana yang dilakukan seorang pakar.
Komponen Elemen Sistem
Contoh
sistem yang berhubungan dengan ilmu psikologi adalah tes psikologi yang
menggunakan komputer yaitu antara lain, papikostick. Di dalam mengaplikasikan
tes psikologi ini, akan melewati beberapa tahap:
Pertama,
input. Input dalam tes ini adalah
soal soal yang diberikan kepada testee.
Kedua,
proses. Proses dalam tes ini adalah ketika testee mengisi seluruh soal yang
ada.
Ketiga,
output. Output dalam tes ini adalah
hasil dari test papikostick tersebut.
Keempat,
tujuan. Tujuan dari tes ini adalah untuk mengukur aspek-aspek psikologis dan untuk mengevaluasi perilaku dan gaya
kerja individu di tempat kerja.
Daftar
Pustaka
Bohari, A. M. (2005). Information technology. Jakarta: IBS
Hall, J. A. (2007). Sistem informasi akuntansi. Jakarta:
Salemba
Laudon, K. C., &
Laudon, J. P. (2008). Sistem informasi
manajemen. Jakarta: Salemba
Gaol, C. J. (2008). Sistem informasi manajemen. Jakarta:
Grasindo.
Sarosa, S. (tidak
dilampirkan). Sistem informasi akuntansi.
Jakarta: Grasindo.
Nofriansyah, D. (2014).
Konsep data mining vs sistem pendukung
keputusan. Yogyakarta: Deepublish.
Kusrini. (2008). Aplikasi sistem pakar. Yogyakarta: Andi
Offset.
Kusrini. (2006). Sistem pakar teori dan aplikasi.
Yogyakarta: Andi Offset.
No comments:
Post a Comment